Kisah Bos Amazon yang Ternyata Investor Google


Jeff Bezos saat makan iguana. Foto : Twitter

Jakarta - Ada satu hal mengenai Jeff Bezos, bos Amazon yang juga adalah orang terkaya di dunia, yang jarang diketahui orang. Ia ternayata salah satu investor Google, yang kini menjadi rival Amazon.

Hal inni bermula pada 1998, tepatnya setelah Amazon mengakusisi layanan pengantaran asal india bernama Junglee. Dari akuisisi itu, Ram Shriram ikut bergabung ke Amazon bandarq, yang kemudian punya andil dalam investasi Bezos ke Google.

Shriram secara diam-diam menjadi penasihat dua mahasiswa PhD Stanford yang bernama Larry Page dan Sergey Brin, yang tengah berusaha mengembangkan cara baru untuk melakukan pencarian di internet. Tak sekadar menjadi penasihat, Shriram pun kemudian menjadi salah satu investor pertama Google.

Pada Februari 1998, Shriram menyuntikkan dana USD 250 ribu untuk Google. Enak bulan kemudian, saat Bezos dan istrinya tengah berlibur di daerah Bay Area, San Francisco, Amerika Serikat, ia menghubungi Shriram, dan meminta untuk bertemu dengan orang bandarq yang ada di belakang Google.

Baca juga: Diserang AS dan Sekutunya, Suriah Klaim 13 Rudal Ditembak Jatuh

Kemudian Shriram mengundang Bezos, Page dan Brin untuk sarapan di rumahnya, sekaligus untuk mendemonstrasikan bagaimana cara kerja mesin pencari tersebut. Bezos pun langsung menyatakan minatnya, dan ingin menginvestasikan uang pribadinya di Google.

Proses investasinya tak semudah itu, karena masa funding awal Google sebenarnya sudah ditutup. Untungnya Shriram bisa meyakinkan Google, yang juga terbantu dari status Bezos sebagai CEO Amazon, demikian dikutip Pinokio News dari Business Insider, Minggu (15/4/2018).

Baca juga: Di BEI, Dana Sudah Terkumpul Rp 31 Triliun Sejak Awal Tahun

Bezos pun kemudian menginvestasikan uang bandarq pribadinya sebesar USD 1 juta di Google, namun sayangnya nilai investasi ini tak pernah terkonfirmasi. Begitu juga dengan status investasi Bezos di Google, yang tak diketahui apakah masih ada atau tidak.

Jika investasi  tersebut masih ada, kemungkinan besar saat ini nilainya sudah miliaran dolar, yang akan membuat Bezos menjadi orang yang sangat kaya, sekalipun ia tak mendirikan Amazon di garasinya.

Sumber : detik.com
Copyright © 2013 Pinokio News