Ribuan iPhone Senilai Rp 1 Triliun Diselundupkan Lewat Drone

Drone

Jakarta - Aksi sekelompok penyelundup smartphone di China berhasil dibekkukan pihak berwajib. Aksinya terbilang unik karena menggunakan pesawat tak berawak alias drone.

Dengan drone, mereka berhasil menyelundupkan iPhone senilai USD 80 juta atau setara Rp 1 triliun untuk dikirimkan ke Hong Kong. Namun aksi tersebut langsung dicegah oleh petugas bea cukai di Shenzen, China.

Ada 26 tersangka dalam kasus ini. Mereka memanfaatkan drone guna menerbangkan dua kabel sepanjang 200 meter untuk menarik tas berisi iPhone di perbatasan Agen BandarQ antara Hong Kong dan China.

Dikutip PinokioNews dari Ubergizmo Senin, (2/4/2018), ini merupakan kasus pertama di China yang menggunakan drone sebagaialat kejahatan dalam penyelundupan lintas batas.

Baca juga : Stasiun Antariksa 8,5 Ton Akan Hantam Indonesia? Ini Kepastiannya

Para penyelundup ini melakukan aksinya pada tengah malam dan membutuhkan beberapa detik untuk mengangkut tas kecil yang berisi sekitar 10 iPhone dengan drone.

Kepada polisi, para tersangka mengaku sangup menyelundupkan sebanyak 15.000 iPhone hanya dalam satu malam saja.

Tahun 2017 lalu, China telah memberlakukan aturan ketat terkait Agen BandarQ pengguna drone untuk mencegah insiden drone melintas ke jalur penerbangan pesawat.

Baca juga: Benua Afrika Dikabarkan Akan Terbelah Setelah Muncul Jurang Mengerikan di Negera Kenya

Dan juga aturan yang mengharuskan pesawat tanpa awak tersebut untuk mendaftarkan drone mereka dengan berat tertentu atas nama asli pengguna drone.

Bea Cukai di Shenzhen pun mengatakan bahwa mereka akna terus memantau jenis penyelundupan baru dengan perangkat seperti drone dan juga akan menggunakna drone untuk mendeteksi aktivitas penyelundupan.
Copyright © 2013 Pinokio News